REMEDIAL ULANGAN
TENGAH SEMESTER I
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
A. Analisislah pembentukan kata yang dicetak miring dalam
kalimat berikut. Perbaikilah jika pembentukan kata tersebut menurut Anda salah!
1.
Pemandangan di
sekitar Kawah Ratu sungguh mempesona.
2. Dia sanggup mengoordinasi kegiatan seminar yang akan
dilaksanakan minggu ini.
3.
Toko ABC mempunyai langganan dari berbagai kalangan.
4. Fotokopi ijazah
harus dilegalisasi dulu oleh pimpinan
akademi.
5.
Banyak areal persawahan yang sudah berubah fungsi
menjadi perumahan.
B. Pilihlah salah satu bagian yang menunjukkan kesalahan
dalam pemilihan kata!
1. Beberapa mahasiswa-mahasiswa yang berdemonstrasi di depan gedung DPR
(a)
(b) (c)
membubarkan diri dengan tertib.
(d)
2. Rumah di mana kami tinggal dulu sekarang sudah
rata menjadi tanah.
(a) (b) (c) (d)
3.
Membaca kreatif tidak sekadar menangkap makna. Akan tetapi juga menerapkan
(a) (b) (c) (d)
informasi yang tertuang ke dalam bacaan dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Ia mendapatkan sesuatu penghargaan setelah
berjuang sepuluh tahun.
(a) (b) (c) (d)
5.
Dalam seminar ini kita akan membicarakan tentang kesantunan berbahasa
(a) (b) (c) (d)
mahasiswa.
C.
Perbaiki penulisan
kata dan tanda baca dalam kalimat di bawah ini sehingga sesuai dengan kaidah
EYD! Jelaskan kesalahannya!
1.
Dalam Al-Quran
terdapat ayat-ayat yang mengharuskan manusia untuk menuntut ilmu.
2. Kapan anda tiba di
Bandung?
3. A.A. Navis
mengarang buku Robohnya Surau Kami.
4.
Di
kota-kota
besar banyak terdapat tuna wisma.
5.
Susilo Bambang
Yudhoyono Presiden RI membuka konferensi APEC di Bali.
6.
Jumlah
mahasiswa di FKIP
Unswagati tidak
kurang dari 1000 orang.
7.
Ayah harus
segera memperpanjang KTPnya.
8.
Saya
membeli peralatan sekolah, seperti buku, pensil, pulpen dan lain-lain untuk adik.
9.
Dalam penulisan
karya tulis ilmiah kita harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
10.
Para mahasiswa yang
mengikuti wisuda hari ini masuk ke dalam ruangan satu persatu dengan tertib.
11.
Keridaan Tuhan
berada dalam keridaan Ibu dan Bapak.
12.
Tahukah anda rumah
pak Alim?
13.
Kita perlu
menggaris-bawahi pendapatnya.
14.
15 orang tidak
hadir dalam pertemuan itu.
15.
Empat aspek
keterampilan berbahasa merupakan catur tunggal.
16.
Orang asing disebut
juga nonIndonesia.
17.
Mukanya bersinar,
hatinya berdebar-debar, dia yakin akan memperoleh penghargaan itu.
18.
Sambutan itu
disampaikan oleh Evi Nurasiyah N. M.Pd. D.ra.
19.
Guru saya Pak Ahmad
pandai sekali.
20.
Buku “Penyuntingan
Bahasa Indonesia Untuk Karang-Mengarang” ditulis oleh Kunjana Rahardi.
21.
Dia menyelesaikan
tugas itu satu per satu.
22.
Jadi masalahnya
semudah itu.
23.
Pusat pembinaan dan
pengembangan bahasa menerbitkan majalah Bahasa dan Kesusastraan.
24.
Guru mereka
menasihatkan, rajin-rajinlah kamu belajar agar lulus dalam ujian.
25.
Ia masih
ke-Sunda-Sundaan dalam segala hal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar