Rabu, 16 April 2014

LiMa Meningkatkan Pemahaman Sifat-sifat Bangun Datar

Banyak siswa menganggap Matematika merupakan pelajaran membosankan sehingga mereka cenderung pasif dalam pembelajaran. Walaupun Matematika bukan melulu berupa angka-angka, tetap saja beberapa siswa masih beranggapan bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit. Demikian pula yang terjadi di kelas III B SDN 4 Kenanga pada pembelajaran mengenal sifat-sifat bangun datar.
Pengenalan terhadap bangun datar sangat penting karena dasar pengenalan bangun ruang dan geometri pada umumnya. Agar siswa tuntas belajar, saya sebagai guru berusaha memberikan pengalaman belajar sifat-sifat bangun datar dengan cara yang menyenangkan.

Sebelum pembelajaran, saya menyiapkan alat peraga berupa lidi dengan beberapa ukuran dan malam dengan beberapa warna. Dalam pembelajaran, siswa membentuk kelompok kecil. Tiap kelompok terdiri dua atau tiga orang. Kemudian, guru memberikan lidi dan malam pada setiap kelompok. Selanjutnya, siswa diminta membuat bangun datar yang disebutkan guru secara berkelompok. Guru menciptakan iklim belajar sambil bermain, artinya, siswa dapat belajar dalam permainannya tersebut.




Kegiatan berikutnya, guru meminta tiap kelompok untuk saling menilai bangun yang terbentuk. Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang membuat bangun yang sesuai dan memberikan motivasi kepada kelompok yang belum sesuai. Pembelajaran diakhiri dengan kegiatan menyimpulkan hasil pembelajaran oleh siswa bersama guru.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar